Mengenal Bahan Pengembang Serta Pelembut Dalam Pembuatan Cake ( Know the Developer And Softness Ingredients In Making Cake )

Tentunya ada perasaan senang ketika kita melihat kue yang berada di sebuah toko bakery yang penampilannya benar-benar terlihat mengembang serta indah dengan hiasan buttercream diatasnya. Dengan bentuk yang beragam serta isian yang berbeda di dalamnya, tetapi di samping itu pernahkah terpikir oleh anda bagaimana cara membuat kue yang benar-benar terlihat sempurna seperti itu ?? 

Bukankan sangat ingin jika kue yang kita buat di rumah juga terlihat indah dan menggugah selera. Ada rasa kepuasan serta kebanggaan tersendiri jika orang-orang di sekitar kita menikmati hasil buatan kita yang seharian berada di dapur. Saya sangat ingin sekali seperti itu, ketika suami saya berkata dia lebih nyaman dengan masakan atau kue-kue buatan saya sendiri. Yah, sedapat mungkin saya belajar untuk menyajikan sesuatu yang lezat, indah dan menggugah selera. Melihat ekspresi kegirangan di matanya merupakan hadiah teristimewa untuk si koki tentunya :D

Ada beberapa bahan pengembang serta pelembut yang biasa saya dengar atau umumnya mudah saya temui di pasar-pasar tradisional. Ketika saya belajar membuat kue dan bereksperimen di dapur saya, berikutnya saya mencari informasi bagaimana pemakaian bahan-bahan tersebut dan fungsinya melalui media informasi yang ada. Saya bagikan kembali informasinya untuk anda, saya harap ini akan membantu dan mempermudah anda untuk menyajikan sesuatu yang istimewa di keluarga anda.

Bahan-bahan pengembang yang umumnya dipakai dan mudah ditemui :

bakingpowder,bakingsoda,fermipan @2015

  1. Baking Soda
    Bahan berikut ini sangat umum dijumpai semua orang dalam membuat kue. Kandungannya adalah Sodium Bicarbonat dan sifat bahan ini mengeluarkan gas ( Co2 ) sehingga kue akan mengembang dengan melebar ke samping. Untuk membuat cake biasanya digunakan bersama baking powder, untuk kue kering soda kue dapat membuat tekstur adonan kue garing, kering dan renyah untuk dimakan.

  2. Baking Powder
    Baking powder digunakan juga sebagai pengembang cake, bolu panggang, kukus atau cupcake yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Sifat bahan ini jika bertemu dengan cairan atau air dan terkena panas akan membentuk karbondioksida sehingga menjadikan cake mengembang keatas. Baking powder itu sendiri ada dua jenis yaitu single acting baking powder dan double acting baking powder, double acting baking powder biasanya digunakan ketika kita akan mengukus atau memanggang adonan dalam jumlah yang banyak. Tujuannya agar adonan tetap mengembang dengan baik meski banyak antrian loyang yang masih menunggu untuk dimasukkan ke oven.
     
  3. Cream of Tartar
    Bahan yang satu ini biasanya digunakan pada saat pengocokan putih telur berlangsung dalam membuat cake. Fungsinya agar kocokan putih telur mengembang kaku dan mencegah butiran gula mengkristal serta dapat menghasilkan tekstur pori cake yang baik pula. Bahan dasar cream of tartar ini mengandung acid, oleh karena itu pemakaian cream of tartar dapat digantikan dengan air jeruk nipis atau air jeruk lemon seperti pada resep bolu marmer sederhana.

  4. Ragi Instan
    Biasanya digunakan dalam proses pembuatan roti untuk pengembangan adonan, merk ragi instan yang dikenal luas oleh para baker di berbagai negara di dunia dan diproduksi di Perancis adalah Fermipan. Ada tiga jenis ragi instan yaitu :
    Ragi segar ( compressed yeast ), berbentuk padat segar dan mengandung 70% kadar air, harus disimpan dalam lemari es
    Ragi koral ( active dry yeast ). berbentuk koral dengan kandungan air 7,5%. Untuk mengaktifkannya rendam dalam air bersuhu 40 derajat celsius dengan perbandingan ragi dan air 1:4 selama 10 menit atau lebih.
    Ragi instan ( instant dry yeast ), berbentuk butiran, sangat praktis karena dapat langsung dicampurkan dengan bahan kering lainnya ( kecuali garam yang dapat mematikan proses pengembangan roti )

  5. VX
    Kandungan VX adalah sodium bicarbonat, sodium acid picorofosfat dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bahan ini dijamin keamanan dan halalnya, berfungsi sebagai bahan pengembang juga dan penggunaannya sekitar 1/2 sdt untuk 500 gram tepung terigu.
    VX koepoe-koepoe @2015

Bahan-bahan Pelembut yang umumnya dipakai dan mudah ditemui :
  1. TBM
    TBM koepoe-koepoe @2015
    Memiliki fungsi yang dapat memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut, biasanya bahan ini ditambahkan saat pengocokan adonan telur sekitar 1 sdt untuk 5 butir telur.

  2. Ovalet
    ovalett koepoe-koepoe @2015
    Pada dasarnya ovalet memiliki fungsi yang sama dengan TBM dan dapat saling menggantikan dalam adonan kue, bedanya terletak pada kualitasnya karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Ovalet pernah saya gunakan ketika membuat resep cake coklat sederhana.

  3. SP
    SP koepoe-koepoe @2015
    Sifat bahan yang satu ini dapat melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu, kandungan SP adalah gula ester yaitu asam lemak seperti asam steart, palmitic dan oleic. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam membuat cake, karena hasil pengocokan adonan bisa lebih stabil dan hasilnya lebih maksimal. Penggunaan SP pernah saya coba ketika membuat resep bolu kukus pelangi.

  4. Lemak
    Dalam membuat cake, lemak yang digunakan berasal dari mentega, margarin atau minyak. Fungsi lemak untuk menjaga cake agar tahan lama, menambah nilai gizi, memberi aroma pada cake, menambah citarasa enak dan salah satunya berfungsi untuk melembutkan cake. Lemak untuk cake harus mampu mengemulsi dengan baik dan warnanya harus putih, oleh karena itu untuk membuat cake disarankan agar mengocok mentega sampai benar-benar putih dan mengembang.

  5. Shortening
    Salah satu bahan yang dapat melembutkan cake adalah shortening atau mentega putih. Tetapi dalam membuat cake sebaiknya menggunakan shortening yang mengandung emulsifier karena mampu mengikat air hingga tidak terjadi penguapan ketika proses pemanggangan. Karena meskipun sebagai pelembut dasarnya shortening membuat kue kurang lembap.
Merk bahan pengembang dan pelembut yang biasa saya temui di pasar-pasar tradisional di Indonesia dan juga saya gunakan di dapur saya adalah koepoe-koepoe, fermipan, dan vita. Selain itu ada juga merk-merk lainnya seperti starkies, ryoto, arm & hammer, spontan88, bakerbonus, compact, lecitem, S500 dan masih banyak lagi. 
Itulah informasi yang saya temukan dari hasil jalan-jalan saya, informasi diatas cukup memudahkan saya untuk bereksperimen di dapur. Dan tentunya saya berharap dapat bermanfaat untuk anda juga. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Know the Developer Materials And Softness In Making Cake

bakingpowder,bakingsoda,fermipan @2015


Surely there is a sense of excitement when we saw the cake that was in a bakery shop who looked really looks fluffy and beautifully decorated with buttercream on top. With a variety of shapes and different stuffing in it, but in addition it ever occurred to you how to make a cake that actually looks perfectly like that ??

Would not really want if we make the cake at home also looks beautiful and appetizing. There is a sense of satisfaction and pride when people around us to enjoy the results of our artificial day in the kitchen. I really wanted to like it, when my husband said he was more comfortable with food or homemade pastries by myself. Well, I learned as much as possible to present something delicious, beautiful and tempting. Seeing the expression of joy in his eyes is a especially gift for the cook of course : D

There are several developers and softening ingredients that I normally hear or generally easy I encountered in traditional markets. When I learned to bake and experimenting in my kitchen, the next search I looking for information on how to use these ingredients and functions through the information media. I share the information back to you, I hope this will help and facilitate you to present something special in your family.

Developers ingredients commonly used and easily found :
  1. Baking Soda
    The following material is very common all people in baking. Contained therein is Sodium Bicarbonate and properties of these materials out of gas (Co2) so that the cake will expand by extending to the side. To make the cake is usually used together with the baking powder, baking soda to cookies can make the texture of cake batter crisp, dry and crunchy to eat.

  2. Baking Powder
    Baking powder is used also as a developer cake, cake baked, steamed or cupcake that is composed of a mixture of sodium bicarbonate, sodium aluminum phosphate, monocalcium phosphate and. The nature of this material if it meets with liquid or water and exposed to heat to form carbon dioxide that makes the cake expands upwards. 
    There are two types of baking powder itself is single acting and double-acting baking powder, double-acting baking powder is usually used when we will steam or bake the dough in large numbers. The goal is that the dough remains expand well despite many queues trays that are still waiting to be put into the oven.

  3. Cream of Tartar
    Material that is usually used when whipping egg whites in progress in making the cake. Functions that whisk the egg whites stiff and prevent the granules swell crystallized sugar and can produce pore texture of the cake that good anyway. The basic ingredients of cream of tartar contains acid, therefore the use of cream of tartar can be replaced with lime juice or lemon juice as the simple marble cake recipe I ever made.

  4. Instant Yeast
    Usually used in the process of making bread dough development, brand instant yeast that is widely known by the baker in various countries around the world and produced in France is Fermipan. 
    There are three types of instant yeast, namely:
    Fresh yeast ( compressed yeast ), fresh solid form and contains 70% water content, must be stored in the refrigerator
    Coral yeast ( active dry yeast ). shaped coral with a water content of 7.5%. To activate it soak in water temperature 40 degrees celsius with yeast and water ratio of 1: 4 for 10 minutes or more.
    Instant yeast ( instant dry yeast ), granular, very practical because it can be directly mixed with other dry ingredients ( except salt can kill the process development bread ).

  5. VX
    The content of VX is sodium bicarbonate, sodium acid picorofosfat and fillers such as corn starch. This material is guaranteed security and halal, serves as a developer as well and use about 1/2 teaspoon for 500 grams of flour.
Softening ingredients commonly used and easily found :
  1. TBM
    Has a function that can improve the texture of the cake becomes softer, usually are added while shaking the egg mixture about 1 teaspoon to 5 eggs.

  2. Ovalet
    Basically ovalet have the same functionality as the TBM and can be interchanged in the cake batter, the difference lies in the quality because they are manufactured by different companies. Ovalet ever used when making a simple chocolate cake recipe.

  3. SP
    The nature of the material that may soften the texture of cake and makes the dough more integrated, SP is the sugar content of the fatty acid ester is such steart acid, palmitic and oleic. The use of SP is recommended to make a cake, because the results can be more stable dough shaking and maximize results. Use of SP ever tried when making rainbow steamed sponge recipe.

  4. Fat
    In making the cake, the fat is derived from butter, margarine or oil. The function of fat to keep the cake for durability, add nutritional value, giving flavor to the cake, add delicious flavor and one of them serves to soften the cake. Fats for the cake to be able to emulsify well and the color should be white, therefore it is advisable to make a cake that whisk the butter until completely white and fluffy.

  5. Shortening
    One material that can soften the shortening cake is white butter. But in making the cake should use shortenings containing emulsifier because it is able to bind with water evaporation does not occur when the roasting process. Because even though as a softener essentially shortening makes less moist cake.
Brand developers and softening ingredients that I normally encountered in traditional markets in Indonesia and also I use in my kitchen is koepoe-koepoe, fermipan, and vita. In addition there are also other brands such as starkies, Ryoto, arm & hammer, spontan88, bakerbonus, compact, lecitem, S500 and many more.

That is the information I found from walking on internet, the information above is pretty easy for me to experiment in the kitchen. And of course I hope to be useful to you as well. So, Enjoy Your Cooking Mom : D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Putu Ayu Rainbow

Jenis - Jenis Tepung Serta Kegunaannya

Resep Baquette Dari Ampas Kedelai ( Baquette Recipe From Soybean Dregs )